Langsung ke konten utama

Journey with Zenius

Dari dulu udah ngefollow zenius.net awalnya cuma asal follow doang. Soalnya suka kapok sama berbagai web pembelajaran yang awalnya doang rame tapi akhirnya ngebosenin jadi baru baca atau nonton beberapa menit juga langsung close halaman web. Tapi zenius.net itu beda, baca 1 artikel selesai ganti artikel lain, postingannya edukatif banget! 

Nih beberapa Artikel dari Blognya zenius.net :
1. Apa sih yang membuat kita bisa konsisten dengan komitmen kita? by Kak Glenn
"marshmallow eksperimen, konsistensi, komitmen, delay gratification, dan self control"
Di atas ini itu point-point penting yang di jelasin sama Kak Glenn buat ngejelasin artikelnya. Penjelasannya super duper lengkap abis, sampe gak bisa nyari alesan lagi buat nunda komitmen yang di jaga. Gara-gara ini saya mulai bisa ngejalanin komitmen hidup, baik dalam belajar maupun kehidupan sehari-hari misalnya bersihin kamar, latihan Bahasa Inggris Online. Sebenernya itu pekerjaan simple tapi butuh keseriusan buat ngejalaninnya terus menerus. Suka banget deh sama artikel yang satu ini !
2. Tips Belajar SBMPTN untuk yang lintas jurusan By Kak Glenn
"Kuncinya tinggal siapa yang berani keluar dari zona nyaman, berani berkomitmen untuk belajar lebih keras untuk belajar materi yang bahkan belum pernah disentuh, berani mengorbankan lebih banyak waktu, tenaga, perhatian, serta kegiatan-kegiatan lain untuk bisa fokus konsentrasi belajar demi menentukan masa depan lo sendiri."
Kalau dalam bahasa Sunda, baca kata-kata yang di atas itu bikin diri saya NGAJEDAG (read : kaya kebangun dari mimpi yang turun tangga loncat dari lantai atasnya simplenya sih kaya ketampar tiba-tiba ). Saya jurusan IPA pengen ambil Ilmu Komunikasi, salah jurusan masuk IPA ? Iya, ya gimana lagi udah terlanjur kalo waktu itu bisa ngulang juga bakal milih IPS. Ibarat pepatah Nasi Sudah Menjadi Bubur tinggal makan aja kan mau di gimanain juga gak mungkin itu Bubur bakal balik lagi jadi Nasi kan. Sekarang waktunya menatap ke depan, nah dengan tips-tips dari Kak Glenn (lagi-lagi Kak Glenn, Kak aku padamu Kak hahaha ) saya jadi lebih PD lagi buat persiapan dalam SBMPTN nanti.


Okay, pertama-tama nama saya Lifia, siswi kelas 12 SMA yang bentar lagi bakal ngehadapin UN. Nah kemarin iseng buka facebook, scroll down Timeline ada postingan dari zenius.net tentang UN 2016 maklum saya kelas 12 yang bentar lagi mau UN tapi belom ada persiapan sama sekali apalagi saya gak ikut les sama sekali jadi belajar buat ulangan, UTS, UAS ya pure belajar sendiri, cari materi di internet, Youtube. Kenapa saya milih buat gak les sama sekali? 


  • Pertama, gak mau ngerepotin orangtua saya lagi, iya lagi soalnya saya dari kecil udah di sekolahin mahal-mahal masa tambah lagi les segala macem, lagian kan kita sekolah tuh buat cari ilmu bukan buat cari nilai doang. "Mah, Pah saya harus les ini nih, gurunya gak jelas mending les aja, saya gak mau nilai saya jelek nanti rapot saya gimana". Terkadang les itu cuma jadi sarana pencari nilai bukan tambahan untuk menuntut ilmu. Misal kita ada PR, niatnya sih ngerjain bareng biar ngerti step-stepnya eh sampe tempat les cuma ngangguk-ngangguk doang (kayak yang ngerti padahal kagak) biar cepet beres waktunya terus balik ke rumah atau warnet. (DotA, Get Rich teruss) 
  • Kedua, kebanyakan murid-murid les itu buat mempelajari lagi pelajaran yang kurang jelas di sekolah biar jadi ngerti kan, eh tapi kadang justru di lesan malah ngobrol sm temen atau gurunya jadi ujung-ujungnya gak ngerti juga. Selain itu, kebanyakan anak lesan itu punya prinsip : udah belajar di lesan, jadi gak usah belajar lagi di rumah. Jadi, kadang suka gak maksimal hasilnya pas ulangan. Coba kalo kita terapin metode DELIBERATE PRACTICE dari zenius.net yang intinya dalemin materi secara mendalam untuk setiap topik yang jadi titik kelemahan kamu dan terus digali dengan banyak latihan variasi soal tentang materi/topik tersebut. Soalnya saya juga waktu les ngalamin hal kaya gitu jadi buat SMA kelas 12 ini saya mutusin buat gak les sama sekali, tapi bukan berarti gak belajar sama sekali juga. Saya belajar buat belajar mandiri, iya belajar sendiri cari sana sini, buku ini itu, soal kakak kelas dan kalo udah mentok gak tau harus gimana lagi search google atau Youtube. Kadang gak semua materi yang saya cari selalu ada dan kadang materinya ada tapi gak ngerti penjelasannya soalnya ribet dan bertele-tele. 
Akhirnya ada solusi dari permasalahan itu semua yaitu Zenius.net simple, gak bertele-tele dan gampang di mengerti. Pertama kalinya saya nemu web pembelajaran yang kreatif dan edukatif. Gara-gara zenius.net hidup saya berubah loh, dulu itu saya orangnya males banget buat belajar dari jauh-jauh hari soalnya suka lupa lagi, sekarang saya tau kenapa saya lupa lagi, karena saya belajar dengan cara menghapal jadi hanya untuk sementara waktu tapi di zenius.net saya jadi belajar kalo kita itu harus ngerti konsep. Selain itu belajar itu bukan karena nyari nilai tapi nyari ilmu. Kata-kata itu menyadarkan saya bahwa hidup itu gak selamanya tentang hasil tetapi perjalanan di mana kita berjuang, berproses dalam memperoleh hasil. Kalo cuma tentang hasil doang, kadang kita jadi buta dan menghalalkan segala cara buat dapetin hasil. 

Selain itu saya juga anaknya males banget beresin kamar, percaya atau ga percaya setelah saya baca artikel motivasi belajar, saya mutusin saat itu juga buat bersihin kamar saya dengan tujuan biar nanti pas belajar saya nyaman dan betah belajar lama-lama, saya juga bikin jadwal buat belajar, kisi-kisi UN, jadwal UN dan berbagai motivasi buat menyemangati dalam belajar di dinding kamar saya. 


sedikit penampakan dari kamar saya

Pokoknya zenius.net itu keren banget deh, artikelnya itu menarik, gak ngebosenin, media pembelajarannya juga oke abis! Terimakasih zenius.net tetaplah menjadi penyemangat kehidupan anak-anak Indonesia dan tetaplah bersama saya sampai saya lulus UN dan ketrima di Universitas yang saya inginkan! Ngeliat zenius.net bawaannya pengen belajar mulu, belajar jadi menyenangkan! Sebagai penutup ada kutipan kata-kata dari Kak Glenn nih yang saya suka banget.



"Learning is a journey, not a race." 
"Belajar itu gak akan bisa bener-bener bermanfaat kalo kita hanya melihatnya seperti sebuah pertandingan. Belajar akan jauh lebih efektif ketika kita melihatnya ibarat sebuah perjalanan (journey)yang dialami dan juga dinikmati secara pribadi." - Glenn Ardi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Tempat Makan Murah dan Enak di Sekitar Kampus UKSW Salatiga

Kampus UKSW Kalian abis kelar ngampus, suka bingung buat milih tempat makan gak sih ? Kalo iya, sini kita tos dlu HAHAHA, jujur aku juga termasuk orang yang kaya gitu, udah laper dan bingung mau cari tempat makan di mana, bawaannya pengen makan yang deket aja di sekitar kampus UKSW 💬 Jadi hari ini Lifi bakal share 5 tempat makan enak dan murah buat kalian para mahasiswa UKSW yang sering bingung buat milih tempat makan sekitar kampus. Tenang, makanan-makanan yang bakal Lifi share sangat sesuai dengan kantong kita wahai para mahasiswa😝, kisaran harga 5K-20K aja kok, cocok buat akhir bulan kita ya daripada nongkrong di burjo terus 😂 dan lengkap juga dengan rute dari kampus UKSW . 1. Kedai SPELE Kedai SPELE Ini tempat makan favorit Lifi nih, buat yang belom tau, makanannya enak, makanan rumahan gitu, harganya gausah ditanya, murah meriah banget, tempatnya juga bersih. Jadi inget banget pas pertama makan kesini, kaget gara-gara harganya yang murah banget

Nongki Ala Mahasiswa di Langit Senja Salatiga

Sebagai mahasiswa, terkadang kita suka jenuh ya guys sama aktivitas sehari-hari kita. Capek nugas, capek rapat. Apalagi di musim-musim semester akhir kaya gini yang tugasnya menumpuk dimana-mana😂 Nah, karena kita sepernasib'an, Lifi mau kasih info tentang tempat baru buat nongki asik dan bisa bikin kepenatan kita hilang atas segala kejenuhan tadi yaitu Langit Senja. Langit Senja ini satu lokasi dengan Bumi Kayom , konsep yang diusung unik dan super kreatif ! Kita sebagai customer bisa liat langsung proses pembuatan kopi sama baristanya dari dalem rumah kaca. Tempatnya itu enak banget buat nongki-nongki bareng sama keluarga, temen bahkan pacar juga 👌Konsep tempat duduk yang macem-macem juga nambah nilai unik Kafe ini, ada yang pake kursi biasa, dan juga bean bag . Kalo dateng kesini, mata kita disuguhin sama pemandangan yang ijo-ijo jadi bikin kita fresh dan ga butek lagi.  Gak cuma buat nongki, tempat rapat sm nugas pun bisa di Langit Senja, jangan khawatir sama ada

7 Tips Healthy Life Mudah Bagi Mahasiswa

via www.google.co.id Health is not a value until sickness comes Kata-kata diatas tadi tepat banget buat ngegambarin seberapa seringnya kita merasa kurang menghargai kesehatan, tetapi setelah mengalami sakit penyakit baru deh kita nyesel sama kebiasaan gaya hidup kita yang asal-asalan. Apalagi sebagai mahasiswa, kadang kita suka makan seenaknya, sering begadang, lupa makan sayur dan buah, merokok dll yang terkadang berujung dengan segala macam penyakit karena kebiasaan kita yang asal-asalan ini. Padahal kita harus mempunyai tubuh yang sehat buat menjalani segudang aktivitas. Tentunya aktivitas sehari-hari kita bakalan keganggu kalo tubuh kita lagi engga fit, nah maka dari itu kita sebagai mahasiswa harus mulai belajar menerapkan healthy life alias gaya hidup yang sehat. Sebelum masuk lebih mendalam lagi, healthy life  bukan hanya berarti makan sayur-sayuran satu hari sekali, jalan kaki setiap beberapa minggu, tetapi harus benar-benar diupayakan karena kesehatan menjadi hal yang sa